Zhafirah Umroh, Biro Umroh di Kudus.
-Jalan Raya Kudus-Pati Tenggeles Mejobo Kudus-
Zhafirahumrohkudus@gmail.com
0291 – 2912334/081-56789-0219

MENGENAL EMPAT SUDUT KA’BAH YANG MENYIMPAN KEISTIMEWAAN MULIA

Ka’bah merupakan kiblat bagi semua umat Muslim di dunia. Ka’bah adibangun oleh Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Ka’bah yang berbentuk kubus tersebut ternyata memiliki empat sudut yang istimewa. Sudut-sudut tersebut adalah Rukun Yamani, Rukun Iraqi, Rukun Aswad (Hajar Aswad) dan Rukun Syami. Bagi yang sudah melaksanakan umroh pasti sudah mengenal sudut tersebut. Namun bagi yang belum berkesempatan berkunjung ke Tanah Suci Mekkah pasti penasarn dengan nama-nama tersebut.

Kempat sudut Ka’bah berhubungan erat dengan sejarah Ka’bah dalam bahasa arab rukun berarti sudut atau pojok dan diartikan pila tiang.Dan kata pendamping sepaerti Yamani, Iroqi, Aswad,dan Syami merupakan sebutan sudut-sudut Ka’bah

Rukun Yamani dan Rukun Aswad disebut pula dengan “Dua Rukun Yamani” karna kedua rukun tersebut menghadap kearah negri Yaman.Sedangkan Rukun Aswad disebut pula  Hajar Aswad atau Batu Hitam.Rukun Aswad dianggap sebagai sudut yang paling mulia karena keistimewaan dan nilai historis yang dikandungnya. Batu Aswad ini diyakini merupakan salah satu batu yang berasal dari surga. Banyak jama’ah umroh yang berbondong-bondong untuk mengusap Hajar Aswad. Rasulullah dan para sahabat juga pernah melakukan hal tersebut. Disamoing Hajar Aswad terdapat Multazam. Multazam merupakn tempat paling mustajab di Tanah Suci Mekkah untuk memohon ampun dan berdoa kepada Allah. Barang siapa yang berdoa di Multazam dengan sungguh-sungguh dan ikhlas niscaya akan doanya terkabulkan.

Tak kalah istimewanya Rukun Hajar Aswad; Rukun Yamani merupakan rukun yang posisinya sejajar lirus dengan Hajar Aswad. Disudut Yamani ini setiap jama’ah yang sedang melaksanakan Tawaf disunnahkan untuk mengusap dengan tangan kanan atau cukup dengan menyalami dan melambaikan tangan kearah sudut ini sambil mengucap “Bismillahi Allahu Akbar”.

Berdasarkan riwayat dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW hanya menyalami Hajar Aswad dan Rukun Yamani saja. Sementara Ibnu Umar RA mendengar Rasullah SAW bersabda, “Sesungguhnya mengusap keduanya, yakni Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapus dosa-dosa”.

Ketiaka Rasulullah SAW berada diantara Rukun Yamani dan Rukun Hajar Aswad beliau melantukan doa “Rabbana aatina fiddunya hasnah, wafilakhiratihasanah waqina ‘adzabannar” yang artinya, “Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan didunia dan kebaikan diakhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka”. (QS.AL-BAQARAH: 201)

Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa Rasulullah SAW ketika melewati sudut Ymani dan Aswad senantiasa ada malaikat yang mengucapkan “AMIN”, sebagai jawaban dari doa beliau. Rukun Yamani dipercaya pula sebagai salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa dengan cara meletakkan tangan kanan lalu meminta kepada Allah SWT apa yang kita inginkan.

Rukun yang ketiga dan keempat yaitu Rukun Iraqi dan Rukun Syami. Kedua rukun tersebut disebut juga dengan “Dua Rukun Syamiami” karena posisi kedua rukun itu menghadap kearah negri Syam. Dimana negri Syam sekarang meliputi semua negara dipantai timur Laut Tengah seperti Yordania, Plestina, Suriah dan Libanon.

Itulah empat rukun atau sudaut Ka’bah, tempat dimana siapaun yang berdo’a di sana niscaya akan dikabulkan oleh allah SWT. Semoga kita diberikan kesempatan untuk dapat berziarah ke Mekkah dan Madinah. Amiin (dikutip dari kabarmakkah.com)

About the Author

Leave a Reply

*