Zhafirah Umroh, Biro Umroh di Kudus.
-Jalan Raya Kudus-Pati Tenggeles Mejobo Kudus-
Zhafirahumrohkudus@gmail.com
0291 – 2912334/081-56789-0219

TRADISI UNIK MASYARAKAT ARAB SAUDI SELAMA RAMADAN

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan. Maka tidak heran apabila umat Muslim menyambutnya dengan hati gembira. Banyak tradisi yang biasanya dilaksanakan untuk menyambut bulan suci ini. Hal tersebut juga berlaku bagi masyarakat Arab Saudi. Bagi msyarakat Arab Saudi ada tradisi dari jaman dulu yang masih dilestarikan hingga sekarang ini dalam menyambut bulan suci Ramadan, yaitu tradisi Siqaya.

Siqaya merupakan tradisi menawarkan minuman kepada peziarah, tamu maupun pengunjung Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah selama bulan Ramadan.

Berdasarkan penuturan Abdullah Al-Marghan selaku Koordinator Program Siqaya, panitia Siqaya menyediakan air zam-zam, air dingin jus dan kopi untuk para pengunjung di kedua Masjid Suci yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Dijelaskan pula oleh Abdullah Al-Marghan bahwa minuman-minuman tersebut disimpan dalam wadah yang sehat dan higienis. Kemudian pengurus akan berkeliling Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk menawarkannya kepada para pengunjung. Tidak perlu takut tidak kebagian karena pengurus sudah menyiapakan minuman dalam jumlah yang sangat banyak untuk para pengunjung.

Tradisi ini merupakan tradisi positif dan bertujuan untuk menunjukkan keramahan hati penduduk Arab Saudi.

Dan untuk menjalankan tradisi ini, penguruspun mengatakan ada lebih dari 100 relawan dalam melayani tamu Allah ini. Ini menunjukkan bahwa betapa banyak orang yang berlomba-lomba mencari kebaikan di bulan suci Ramadan.

Para relawan yang melakukan tradisi ini umumnya memberikan air dari wadah yang ada adalam tas. Aktivitas ini dilakukan ketika berbuka puasa. Para relawan menggunakan seragam yang berwarna hijau akan berkeliling dan berkumpul di suatu tempat dengan membawa wadah air yang ada di dalam tas.

Selain itu, para relawan juga dilengkapi dengan pemanas air maupun pendingiin air. Mereka juga membawa berbagai jenis minuman sehingga para pengunjung bebas memilih minuman apa yang ingin dinikmatinya ketika berbuka puasa.

Sungguh tradisi yang sangat baik dan positif, dan juga patut untuk di tiru. Tradisi ini menjadikan orang semakin peduli dan dermawankepada orang lain. Bahwa memuliakan orang yag berpuasa akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Maka dari itu, di bulan yang suci ini mari kita belromba-lomba untuk memperbanyak ibadah dan juga amal kebaikan. Semoga ibadah uasa kita diterima oleh Allah SWT. Amiin (dikutip dari republika.co.id)

About the Author

Leave a Reply

*