Zhafirah Umroh, Biro Umroh di Kudus.
-Jalan Raya Kudus-Pati Tenggeles Mejobo Kudus-
Zhafirahumrohkudus@gmail.com
0291 – 2912334/081-56789-0219

UMROH SAAT BULAN SUCI RAMADAN ? INI TIPSNYA

Puasa merupakan rukun islam yang ketiga dan salah satu ibadah mulia yang diperintahkan Allah SWT bagi umat Islam. Allah SWT berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 183 yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” Terlebih apabila mengerjakan puasa di Mekkah dan Madinah bertepatan saat umroh, maka pahala akan kita dapat menjadi berkali-kali lipat. namun, untuk melaksanakan ibadah umroh sekaligus puasa di bulan Ramadan bukanlah hal yang mudah. Anda membutuhkan persiapan khusus, karena memang perbedaan cuaca dan suasana antara Indonesia dengan Arab Saudi yang cukup ekstrim. Indonesia beriklim tropis, jadi meskipun cuaca panas tidak sepanas di Arab Saudi yang memiliki iklim gurun.

Persiapan yang kita butuhkan tidak hanya persiapan fisik saja namun juga persiapan rohani. Ada beberapa tips agar bisa menjalankan puasa saat umroh, diantaranya adalah:

  1. Menyiapkan ritme biologis tubuh dengan jadwal ibadah yang akan lebih banyak dilakukan di waktu malam hari.
  2. Ketika magrib telah tiba maka segeralah untuk berbuka puasa. Begitupula saat selesai shalat tarawih usahakan segera makan malam di hotel tempat penginapan Anda. Untuk makanan pembuka saat berbuka puasa, baik di Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi selalu tersedia hidangan untuk jamaah yang hadir.
  3. Untuk dzuhur dan ashar, waktu adzan dan iqamah adzan dan iqamah adalah 15 menit. Sedangkan untuk subuh, magrib dan isya’ waktu adzan dan iqamah hanya 10 menit. Dan untuk shalat Jum’at waktu diantara dua adzan hanya 5 menit. Maka optimalkan waktu-waktu tersebut untuk beribadahkepada Allah SWT.
  4. Persiapkan fisik Anda, shalat tarawih di Masjidil haram dan di Masjid Nabawi dilaksanakan 20 rakaat dengan 2 rakaat salam. Setiap 10 rakaat aka nada pergantian imam.
  5. Untuk makan sahur biasanya dilakukan ketika menuju Masjidil Haram saat akan mengerjakan shalat tahajjud dan shalat subuh. Lebih baik makan sahurnya mendekati waktu adzan subuh.

Selama niat kita adalah untuk beribadah maka InsyAllah ibadah kita akan lancar. Memilih paket umro Ramadan memang Anda akan merasakan nikmat yang luar biasa yang tidak Anda dapatkan selama di Indonesia. Namun yang terpenting jug adalah kondisi fisik Anda, jadi persiapkan fisik Anda dengan semaksimal mungkin agar ibadah anda di san lancar dan khusyu’. (dikutip dari sekolahumroh.com)

 

 

About the Author

Leave a Reply

*